Peran Sedekah dalam Mengatasi Kemiskinan di Indonesia

"Sedekah adalah suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa di batasi waktu dan jumlah tertentu."


Sedekah merupakan suatu hal kebaikan yang sangat dianjurkan dalam ajaran agama, berapapun nilai yang diberikan kepada seseorang yang membutuhkannya dan sangat bernilai di hadapan Allah swt. Hal itu, memungkinkan kita dengan peran sedekah dalam mengatasi angka kemiskinan.

Pernyataan ini dilatarbelakangi oleh beberapa argumen: pertama, sedekah merupakan suatu peran yang sangat penting dalam mengatasi kemiskinan, kedua, banyak orang menyepelekan masalah yang terkait dengan sedekah, ketiga, semakin tingginya angka kemiskinan di Indonesia, keempat, sebagai manusia seharusnya kita  menolong manusia yang tidak mampu untuk meminimalisir kemiskinan, kelima, banyak orang yang menyamakan antara zakat dan sedekah.

Sedekah secara terminologi Muhammad Yunus dan Wahbah az-Zuhaili adalah pemberian harta kepada orang-orang fakir, orang yang membutuhkan, ataupun pihak-pihak lain yang berhak menerima sedekah itu tanpa disertai imbalan apapun kecuali mengharap ridho Allah semata.

Sedekah menurut para fuqaha adalah suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi waktu dan jumlah tertentu (Al Jauzi: 2016, 134). Sedekah haruslah bisa mengatasi angka kemiskinan yang ada saat ini karena sedekah tidaklah sulit dilakukan oleh seseorang dan juga tidak terbatas jumlah dan ukurannya.

Beberapa faktor yang menghambat orang tidak mau bersedekah, Pertama, Tidak adanya niat dari diri sendiri untuk bersedekah. Kedua, takut berkurangnya harta dan menjadi miskin. Ketiga, keserakahan atau tamak atas harta yang kita miliki. Keempat, karena kurangnya tingkat kesadaran dan kepedulian terhadap orang yang membutuhkan. Kelima, tidak mempunyai benda atau uang yang ingin disedekahkan, padahal sedekah memiliki arti yang luas menyangkut juga hal yang bersifat nonmateril bisa berupa apa saja yang penting barang baik, halal bukan haram.

Beberapa contoh yang dapat disedekahkan selain berupa uang. Ilmu pengetahuan atau pendidikan dengan menyalurkan pengetahuan baik agama dan umum. Pangan, sandang, papan sebagai bahan pokok. Senyum semangat untuk maju bersama karena kebanyakan orang mudah mengeluh dan cepat putus asa. Memberikan tenaga dan waktu yang kita miliki seperti membangun tempat-tempat tinggal untuk orang yang membutuhkan. Dan memberikan bantuan kesehatan berupa obat-obatan dan lain-lain

Cara sedekah yang baik sebagaimana yang diajarkan Rasul SAW. Bersedekahlah dengan hasil yang baik juga halal  cara memperoleh ataupun mendapatkannya dan tidak menyebut dan mengungkit-ungkitnya.  Mendahulukan kerabat terdekat, seperti kakak, adik, dan lain-lain. Kemudian, mendahulukan bersedekah dengan tetangga yang terdekat yang memerlukan bantuan tersebut. Orang yang terikat kepada jalan Allah karena sama dengan kita membantu agama Allah. Memberikan bantuan kepada pembangunan sarana ibadah, jalan, panti asuhan dan lain-lain.

Beberapa faktor mengapa banyak kemiskinan. Pengangguran, jumlah penduduk sangat banyak yang sama bersaing untuk pekerjaan dan lowongan pekerjaan yang terbatas. Pendidikan yang rendah tidak adanya ilmu pengetahuan, wawasan yang lebih dan keterampilan. Bencana alam  tak dapat kita hindari, kerena dari allah SWT. Tapi kita setidaknya paham  penyebabnya tangan manusia itu sendiri. Ketidakacuhan membuat keadaan orang makin miskin dan kurang semangat untuk hidup.  Ketidakjujuran, semakin banyak orang yang tidak jujur maka kemiskinan akan terus terjadi.

Beberapa aspek mengurangi angka kemiskinan dengan sedekah. mendata jumlah kemiskinan yang nantinya kita bisa mengumpulkan mereka untuk diberi sedekah. Adanya program penanggulangan kemiskinan. Penyediaan  dana bergulir untuk kegiatan usaha untuk yang miskin. Beasiswa untuk mahasiswa miskin dan berprestasi. Menyediakan lebih banyak dana untuk daerah-daerah yang membutuhkan ini adalah suatu bantuan yang sangat besar dengan adanya bantuan tersebut yang disediakan nantinya masyarakat tinggal mengolah dari dana ini.

Sedekah merupakan amal yang memberikan pengaruh positif atau manfaat bagi pelakunya. Dijamin surga sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis Nabi dari Abu Hurairah: “Barang siapa yang menginfakkan dua jenis (berpasangan) dari hartanya di jalan Allah, maka ia dipanggil dari pintu-pintu surga”. 

Sedekah dapat menjadikan Allah meredam kemurkaan-Nya. Sedekah mendatangkan perlindungan Allah yang benar-benar tulus karena-Nya. Sedekah sebagai obat jasmani-rohani ini adalah salah satu cara untuk menjadikan jasmani dan rohani kita selalu sehat dan bugar. Selalu didoakan malaikat, malaikat adalah makhluk Allah yang sangat taat kepada-Nya. Oleh sebabnya perbanyaklah sedekah karena sedekah sangat berguna untuk orang lain dan diri sendiri (Al jauzi: 2016, 142-146).

Terbukti, sedekah merupakan suatu hal kebaikan yang sangat dianjurkan dalam ajaran agama berapapun nilai yang diberikan kepada seseorang yang membutuhkannya dan sangat bernilai sekali di hadapan Allah swt berapapun jumlahnya. Hal ini, memungkinkan kita dengan peran sedekah dalam mengatasi angka kemiskinan. Selain itu, karena kita semua layak untuk bersedekah dan tidak harus menunggu kaya. Dengan niat, ikhlas, sedekah dalam mengatasi kemiskinan dapat dicapai.

Selain itu, faktor-faktor yang menghambat, berupa takut berkurang harta atau miskin dan sifat keserakahan harus dihilangkan. Sedekah juga memberikan pengaruh positif bagi pelakunya dan tidak ada ruginya kalau kita mau bersedekah. Kemudian memaknai sedekah untuk mengurangi angka kemiskinan dengan memaksimalkan aspek dalam mengatasi kemiskinan saat ini.

Yang terakhir adalah perbanyaklah bersedekah dan mampu mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari agar terciptanya masyarakat yang serba cukup dan tidak ada lagi kemiskinan. Harapan tersebut salah satunya dapat dicapai melalui peran sedekah dalam mengatasi kemiskinan yang terdapat di daerah kita saat ini.

 

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Cakep Cakep
1
Cakep
Kesal Kesal
0
Kesal
Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Suka Suka
4
Suka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Wooow Wooow
2
Wooow
Keren Keren
2
Keren
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Muhammad Aziz

Muhammad Aziz adalah seorang mahasiswa di salah satu Universitas Islam Negeri di Yogyakarta; Pelajar atau Menuntut Ilmu di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Comments 0

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

TULISAN LAIN DI Tak Berkategori

REKOMENDASI

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals