Pertanyaan Populer

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan mengenai berbagai hal tentang Artikula.id

Apa keuntungan dan manfaat bagi penulis menerbitkan tulisannya di Artikula.id?

Setiap naskah yang dipublikasikan melalui Artikula.id otomatis memiliki bobot sebagai referensi ilmiah. Karya yang dimuat di Artikula.id lebih diakui memiliki kualitas lebih dibanding naskah-naskah lainnya karena Artikula.id memiliki ISSN atau International Standart Serial Number dari Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI);

Menambah Poin/Cum, sebagai salah satu syarat kenaikan tingkat/pangkat/golongan dan atau untuk poin cum bagi kandidat Profesor (Guru Besar) selain dari Buku ber-ISBN; Artikel Publikasi Media Massa, Sertifikat dan lainnya;

Memiliki Hak Cipta bagi Karya Ilmiah. Bahwa naskah yang dipublikasikan di Artikula.id akan mendapatkan pengakuan akan HAKI/Hak Cipta Naskah yang ditetapkan Artikula.id berdasarkan ketentuan dari LIPI atau Instansi yang berwenang sesuai Peraturan Pemerintah (PP).

Para penulis juga mendapatkan kesempatan terpilih menjadi penulis profesional yang akan di-hire redaksi, setiap artikel yang terbit pasti akan dipromosikan ke berbagai media sosial untuk bisa diakses oleh banyak pembaca. Selain itu, seluruh penulis Artikula.id berhak mengikuti berbagai event yang diselenggarakan oleh Artikula.id.

Apakah penulis mendapatkan honorarium atas tulisannya?

Tidak. Namun, penulis-penulis terbaik Artikula.id akan diseleksi oleh dewan redaksi untuk dikontrak dalam jangka waktu tertentu sebagai penulis tetap. Mereka akan mendapatkan honorarium bulanan sesuai dengan kesepakatan.

Apakah setiap orang bisa menerbitkan tulisannya?

Bisa! setiap orang bebas menerbitkan tulisannya di Artikula.id, namun tetap melalui proses kurasi atau penyeleksian dari redaksi. Baca pedomannya di sini.

Topik apa saja yang bisa ditulis dalam Artikula.id?

Topik yang ditulis sifatnya bebas asalkan sesuai dengan “ideologi” Artikula.id. Silahkan baca artikel ini. Namun demikian, tulisan-tulisan yang diterbitkan diklasifikasikan berdasarkan kategori-kategori rubrik yang ada. Baca selengkapnya di sini.

Apakah boleh menayangkan ulang artikel-artikel yang sudah diterbitkan di Artikula.id?

Boleh dengan syarat mendapatkan izin dari Artikula.id dan harus mencantumkan Artikula.id sebagai sumber pertama.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals