Panduan Menulis

Setelah Anda mengikuti pedoman keanggotan yang ada, bearti Anda sudah memiliki akun dan resmi bergabung di Artikula.id. Dengan begitu Anda juga sudah bisa meng-upload tulisan yang ingin Anda terbitkan secara mandiri. Namun sebelum mengirimkan naskah tulisan, sebaiknya baca dulu aturan seputar penulisan ini hingga tuntas! Cepat atau lambatnya tulisan Anda diproses untuk dikurasi dan direview sebelum diterbitkan sangat tergantung pada ketepatan Anda dalam mengikuti petunjuk yang ada, jadi harap dibaca secara cermat dan teliti!

Tulisan-tulisan yang akan diterbitkan Artikula.id harus memenuhi aturan dan kaedah standar yang terdiri antara lain Panduan Upload Tulisan, Pedomaan penulisan artikel agar diterbitkan, Pedomaan Penyertaan foto/gambar untuk setiap artikel, Topik/tema yang bisa ditulis dalam Artikula.id, dan Pedoman Transliterasi Arab di Artikula.id sebagaimana berikut ini:

Panduan Upload Tulisan/Artikel

  1. Setelah log-in, silahkan klik logo “+ Tulis“ (di pojok kanan atas persis di sebelah logo profil Anda)
  2. Klik logo Story (persis di bawah tulisan “Choose A Format”)
  3. Silahkan klik dan isi kolom-kolom berikut:
  • Add Thumbnail: klik kotak ini untuk meng-upload gambar pendukung tulisan Anda (wajib) lihat ketentuannya pada poin “Pedomaan Penyertaan foto/gambar untuk setiap artikel” di atas!
  • Choose a category: pilihlah salah satu kategori yang ada yang sesuai dengan tema dan konten tulisan Anda. Baca keterangan kategori pada poin “Topik/tema  yang bisa ditulis dalam Artikula.id” di atas!
  • Enter tags: ketik maksimal 5 kata kunci di kolom ini (ingat: setiap kata harus diketik secara terpisah)
  • Title: Judul Tulisan/Artikel
  • Type except here: Tulis/copy salah satu penggalan kalimat penting dari isi tulisan Anda
  • Type something here: Silahkan tulis isi artikel Anda dengan cara mengetik langsung di kolom ini atau dengan meng-copy tulisan yang sudah anda siapkan di Ms. Word kemudian klik kanan-paste (ctrl+v) di kolom ini. Terakhir, jangan lupa pilih dan klik kotak dengan tulisan BERSIH bukan MENJAGA.;
  1. Klik kotak hijau di pojok kanan paling bawah yang ada tulisan Submit
  2. Anda bisa mengecek tulisan Anda di Menu KIRIMAN/SUBMISSIONS. Jika masih Ada tulisan Pending berarti tulisan Anda masih dalam proses kurasi. Harap sabar menunggu.
  3. PENTING, jika dalam 14 hari (2 minggu) tulisan Anda belum diterbitkan atau belum mendapat respon dari tim redaksi, silahkan kirimi kami pesan melalui email untuk mempertanyakan penyebab tulisan Anda belum bisa diterbitkan, kami akan dengan senang hati berbagi. Apabila dalam waktu 1 bulan (30 hari) Anda tulisan Anda belum diterbitkan tanpa ada konfirmasi atau pemberitahuan dari Tim Redaksi, Anda bisa  menarik kembali naskah Anda.
Pedomaan penulisan artikel agar diterbitkan

  1. Tulisan belum pernah diterbitkan di media mana pun sebelumnya, baik media resmi sebuah lembaga maupun blog pribadi kecuali setelah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi berbeda atau tulisan tersebut ditarik terlebih dahulu dari penerbitan di media lain tersebut. Penulis tetap bisa menerbitkan tulisan yang sudah di-publish di Artikula.id di media lain setelahnya dengan catatan harus mencantumkan Artikula.id sebagai sumber asli tulisan dengan menautkan linknya, silahkan baca aturan kebijakan dan ketentuan layanan selengkapnya di sini;
  2. Cepat atau lambatnya penerbitan sebuah tulisan ditentukan oleh tingkat kerapian, kebaruan (novelty), dan orisinalitas. Tulisan harus memperhatikan tata-bahasa standar sesuai Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), mulai dari tanda-baca, huruf besar-kecil, hingga penggunaan transliterasi. Kata-kata asing dan “bahasa gaul” (yang tidak sesuai EBI) harus dibuat miring (italic).
  3. Panjang setiap paragraf/alinea tidak boleh lebih dari 6 baris.
  4. Panjang tulisan minimal 700 kata dan maksimal 5.000 kata. Meskipun begitu, tulisan dengan panjang 500 hingga 700 kata akan tetap diloloskan redaksi jika kontennya dinilai sangat bagus.
  5. Khusus untuk puisi, silahkan submit lebih dari 6 judul puisi dalam sekali submit agar jumlah minimal kata tulisan bisa terpenuhi. Sedangkan untuk puisi naratif, minimal 3 judul atau bisa disesuaikan dengan poin tiga (3). Lihat contoh-contoh puisi yang telah terbit disini.
  6. Huruf besar pada judul tulisan hanya pada awal kata saja (Capitalize Each Words), tidak boleh menggunakan huruf besar (kapital) semua.
  7. Sesuaikan tema yang akan ditulis dengan kategori yang ada di Artikula.id.
  8. Dilarang keras mengirimkan dua naskah dengan isi yang sama atau menggunakan judul yang sama untuk isi naskah yang berbeda.
  9. Jangan mengirimkan tulisan yang sudah pernah diterbitkan di media/website lain.
  10. Setiap tulisan harus disertakan foto/gambar yang standar dengan ketentuan di bawah.
  11. Pastikan anda sudah melengkapi profil akun, mulai dari foto asli, biodata naratif hingga kota asal. Jika berkenan, silahkan masukkan juka link media sosial dan blog pribadi anda di kolom yang telah disediakan. Sebagus apapun karya anda, jika profil akun belum lengkap, tetap akan kami tangguhkan penerbitannya.
Pedomaan Penyertaan foto/gambar untuk setiap artikel:

  • Foto/gambar yang diupload harus berkaitan dengan konten tulisan;
  • Ukuran foto/gambar sebesar 700×400 pixel dengan maksimal ukuran 100 kb;
  • Dianjurkan untuk menggunakan koleksi foto/gambar pribadi. Jika tidak ada, foto/gambar yang digunakan harus koleksi foto/gambar yang diperbolehkan untuk ditayang-ulang dalam situs-situs layanan foto seperti Google Images, Flickr, atau dari website Pexels.
  • Foto/gambar yang diunduh dari Google Images harus foto/gambar yang sudah difilter: setting/pengaturan > tools/alat > dilabeli untuk digunakan ulang (labeled for reuse) / dilabeli untuk digunakan ulang secara non-komersial (labeled for noncommercial reuse).
  • Foto/gambar yang diunduh dari Flickr harus foto/gambar yang sudah difilter: Search/pilih foto/gambar yang diinginkan > menu pilihan lisensi (default-nya Any Licence) > use allowed.
  • Pengecualian: Foto/gambar yang tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan di atas harus melampirkan sumber (situs asal) foto/gambar tersebut diunduh (lampiran diketik di akhir tulisan yang diunggah).
  • Foto/gambar yang melanggar hak cipta atau yang dikomplain oleh pemiliknya akan dicabut dari penerbitan.
Topik/tema yang bisa ditulis dalam Artikula.id

Topik yang ditulis sifatnya bebas asalkan sesuai dengan “ideologi” Artikula.id. (Silahkan baca artikel ini). Namun demikian, tulisan-tulisan yang diterbitkan diklasifikasikan berdasarkan kategori-kategori rubrik yang ada sebagai berikut:

  1. Ulasan: Rubrik ini dikhususkan untuk tulisan yang mengulas suatu topik berdasarkan analisis dan referensi yang kredibel.
  2. Perspektif: Rubrik ini menampung artikel yang berisi opini atau pandangan subjektif atas topik tertentu.
  3. Rehat: Rubrik ini digunakan untuk menampung tulisan-tulisan yang bersifat fiksi seperti Puisi (minimal 6 judul), dan Cerpen. Namun begitu, dalam rubrik ini juga digunakan untuk tulisan-tulisan yang mengupas suatu karya atau buku (Resensi).
  4. Warta: Rubrik ini berisi berita/informasi terkini mengenai isu yang sedang hangat di dalam maupun luar negeri. Selain diisi langsung oleh tim redaksi, penulis juga dapat berbagi informasi yang ada di sekitarnya, tentunya harus sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik.
  5. Diskusi: Rubrik ini adalah ruang khusus diskusi bagi seluruh penulis untuk membahas isu-isu menarik. Di forum ini, setiap penulis diperbolehkan saling berargumen dan beradu pendapat, asalkan sesuai dengan Peraturan yang tertera dalam Ruang Diskusi.
  6. Store: Merupakan toko online yang menjual buku, pakaian serta merchandise khas Artikula.id dan dikelola langsung oleh tim marketing untuk menunjang operasional Artikula.id.
  7. Tabik: Adalah ruang khusus tim redaksi untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan Artikula.id dan Yayasan Artikula Indonesia. Rubrik ini juga memuat berbagai pengumuman dan informasi mengenai event dan hal-hal yang berkaitan dengan Artikula.id dan Yayasan Artikula Indonesia.

 

Pedoman Transliterasi Arab di Artikula.id (Tanpa Menggunakan Font Times New Arabic)

Pedoman pada sub ini dikhususkan bagi para penulis yang dalam tulisannya ada menggunakan tranliterasi bahasa Arab. Para penulis yang memiliki background pendidikan Studi Islam agaknya sudah terbiasa menggunakan penulisan transliterasi Arab dengan menggunakan bantuan Font Times New Arabic. Namun sistem program yang ada di web tidak memungkinkan menggunakan font tersebut. Sehingga ketika diupload yang muncul justru simbol-simbol yang terlihat seperti ‘typo’.

Untuk mengatasi hal tersebut, (tanpa perlu menggunakan Font Times New Arabic) penulis bisa menggunakan ‘pintasan keyboard’. Pintasan ini mengikuti sejenis rumus, jadi Anda tidak harus menghafalnya. Anda tinggal menggunakan tombol Ctrl atau Shift bersama dengan tombol aksen pada keyboard Anda, diikuti dengan menekan cepat huruf tersebut.

Misalnya, untuk mendapatkan karakter á, Anda menekan Ctrl + ‘(tanda petik), lepaskan tombol-tombol itu, lalu tekan tombol A dengan cepat. Perhatikan bahwa jika Anda ingin Á bukannya á, Anda harus mengaktifkan caps lock sebelum menggunakan tombol pintas, karena menggunakan tombol Shift akan mengubah pintasan.

Misalnya penulis ingin menulis: daar al-hikmah. Untuk mengganti dua huruf ‘aa’ yang ada pada ‘daar’ sesuai pedoman trasliterasi Arab, maka caranya: tekan tombol ctrl+ shift+ ^ (angka 6) lalu langsung tekan huruf ‘a’. Hasilnya akan menjadi: dâr al-hikmah.

Berikut beberapa tombol pintas yang disediakan oleh dukungan Office:

Simbol Kode
à, è, ì, ò, ù Ctrl + ‘(Makam Aksen), huruf -a/e/i/i/o/u/A/E/I/O/U
À, È, Ì, Ò, Ù
á, é, í, ó, ú Ctrl + ‘(Apostrof), huruf
Á, É, Í, Ó, Ú
â, ê, î, ô, û Ctrl + Shift + ^ (Tanda sisipan), huruf
Â, Ê, Î, Ô, Û
ã, ñ, õ Ctrl + Shift + ~ (Tilde), huruf
Ã, Ñ, Õ
ä, ë, ï, ö, ü Ctrl + Shift +: (Usus besar), huruf
Ä, Ë, Ï, Ö, Ü

Silahkan baca juga:
 Pertanyaan-pertanya populer yang sering ditanyakan
Ketentuan Layanan
– Kebijakan Privasi
Pedoman Media

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals