Panduan Keanggotaan

Artikula.id membuka kesempatan bagi siapa saja untuk bisa bergabung menjadi anggota agar bisa menerbitkan tulisannya. Untuk menjadi anggota, ada dua opsi metode registrasi yang bisa dilakukan, (1) via email dan (2) via facebook.

A. Via Email

  1. Buka situs Artikula.id, kemudian klik logo orang (di pojok kanan atas persis di sebelah logo “+ Tulis“)
  2. Klik kotak yang ada tulisan Daftar (di pojok bawah sebelah kanan, persis di samping tulisan “Don’t have an account?”)
  3. Isi tiga kotak kosong yang ada: [I] Your e-mail address: alamat email (harus email aktif), [II] Your username: isi nama pengguna Anda/ disarankan isi dengan nickname (nama panggilan), [III] Your password: isi asal saja.
  4. Pendaftar akan menerima balasan email dari redaksi (maksimal dalam 2 x 24 jam) yang berisikan konfirmasi bahwa pendaftar telah resmi menjadi anggota Artikula.id. Redaksi juga akan mengirimkan user id/id pengguna dan password pengguna kepada pendaftar tersebut. Silahkan langsung ubah password Anda di laman Pengaturan.
  5. Setelah menerima email balasan, Pengguna wajib melengkapi (a) foto profil asli yang jelas dan (b) biografi singkat/short-bio (yang meliputi: [1] Nama lengkap disertai gelar akademik [jika ada], [2] Aktivitas terkini, [3] Organisasi/instansi tempat beraktivitas, [4] Jabatan di organisasi/instansi, [5] Kota domisili, [6] Link sosial media [facebook/twitter/instagram], dan bisa juga disertai dengan [7] Prestasi atau karya pribadi. Lihat contohnya disini.
  6. Setelah mendapatkan user id dan password dari redaksi (via balasan email), anggota tersebut sudah bisa meng-upload langsung tulisannya secara mandiri untuk diseleksi oleh tim redaksi. Baca panduan penulisan dan langkah-langkah upload-nya disini!

B. Via Facebook

Registrasi anggota via facebook merupakan metode pendaftaran yang bisa dilakukan siapa saja secara mandiri tanpa menunggu konfirmasi dari redaksi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka situs Artikula.id, kemudian klik logo orang (di pojok kanan atas persis di sebelah logo “+ Tulis“)
  2. Klik logo kotak persegi berwarna biru yang ada logo  f Facebook (persis di bawah tulisan Masuk)
  3. Pilih kotak persegi berwarna biru yang ada tulisan Create a new account
  4. Setelah terdaftar, Pengguna wajib melengkapi (a) foto profil asli yang jelas dan (b) biografi singkat/short-bio (yang meliputi: [1] Nama lengkap disertai gelar akademik [jika ada], [2] Aktivitas terkini, [3] Organisasi/instansi tempat beraktivitas, [4] Jabatan di organisasi/instansi, [5] Kota domisili, [6] Link sosial media [facebook/twitter/instagram], dan bisa juga disertai dengan [7] Prestasi atau karya pribadi. Lihat contohnya disini.
  5. Setelah melengkapi profil, anggota tersebut sudah bisa meng-upload langsung tulisannya secara mandiri untuk diseleksi oleh tim redaksi. Baca panduan penulisan dan langkah-langkah upload-nya disini!
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals