Kiai merupakan sosok yang sentral dalam tradisi masyarakat Indonesia. hal ini dapat terlacak dari masa kerajaan. Di mana peran kiai atau agamawan menempati posisi yang elit secara sosiopolitik. Baik sebagai penasihat raja maupun penanggung jawab keagamaan di masyarakat.
Beranjak dari situ, ketika era kerajaan Islam, ulama—sebagai penyebutan lebih umum dari kiai—menempati posisi sebagai wazir. Posisi ini memiliki wewenang memastikan masyarakat menjalankan sistem tatanan masyarakat yang berlandaskan ajaran Islam.
Di fase ini kiai telah masuk ke tataran sosial kemasyarakatan dan memiliki andil besar dalam membentuk sistem pranata sosial dalam melegitimasi kekuasaan.
Hal itu terbantu oleh Islam sebagai agama yang mengatur secara komprehensif perilaku keseharian individu yang menyangkut hubungan dengan Tuhan dalam aspek ibadah. Di samping hubungan sosial kemasyarakatan dalam aspek muamalah.
Kondisi ini membuat posisi kiai menjadi agamawan serta elit sosiopolitik di masyarakat melalui supremasi fatwanya yang menjadi acuan masyarakat. Hal itu menciptakan relasi antara kiai sebagai guru agama dan masyarakat sebagai umat.
Baca Juga: Mari Berkenalan Dengan Istilah Ustaz, Kiai dan Ulama |
Kiai Membangun Citra sebagai Elit Sosiopolitik
Selain menjadi penguasa lokal dalam masyarakat, terutama dalam lingkup pedesaan. Kiai umumnya memiliki teritorial khusus bernama pesantren. Teritori ini berguna sebagai basis aktivitas pendidikan Islam sekaligus merekrut para pengikutnya yaitu santri.
Sebagai pengecualian, bagi sebagian kiai yang tidak memiliki pesantren, mereka biasanya menggunakan langgar (surau) sebagai basis pengajaran dan tempat berinteraksi dengan para umatnya.
Kiai: Posisinya di Era Kolonial dan Perjuangan Kemerdekaan
Di era perjuangan kemerdekaan, kiai memiliki peran yang sentral dalam mendorong tercapainya cita-cita mulia tersebut. Kondisi ini terbantu dengan posisi kiai yang memungkinkan melakukan komunikasi dengan berbagai pesantren guna menggalang kekuatan. Selain tentunya para umat setia yang senantiasa berada di sekeliling kiai.
Hal ini membuat kiai memiliki posisi tawar di masa kolonial, sehingga wajar jika kiai mendapat wewenang untuk mengkomunikasikan beberapa kebijakan strategis. Alhasil kiai menempati kelas tengah bersama para priayi dan para orang etnis asing, di bawah para penguasa dan di atas para rakyat.
Hal ini dapat terlihat dari kebebasan para kiai dengan pesantren yang binaannya untuk membayar pajak. Kemudian di beberapa kesempatan terlibat dalam mobilisasi masa guna terealisasinya program penguasa.
Jejaring Pesantren
Terlepas dari hal itu, kiai sebagai penguasa lokal memiliki jejaring antar pesantren. hal ini tentu membuat adanya koneksi antar penguasa lokal dari kalangan elit agama. Jejaring ini umumnya terbangun dari proses pendidikan serta perkawinan.
Jejaring Keilmuan
Dari proses pendidikan, jejaring pesantren tumbuh dari para alumni pesantren yang telah lulus dan mendirikan pesantren-pesantren kecil maupun yang menjadi guru mengaji di surau desanya. Pesantren-pesantren kecil dan surau-surau ini menjadi kolega yang memberikan informasi kepada pesantren yang lebih besar selain juga menjadi corong penyebaran ide ke masyarakat umum.
Jejaring Perkawinan
Sedangkan dari proses perkawinan, pesantren cenderung menjodohkan anak kiai dengan anak kiai lainnya. Pola ini membentuk ikatan kekeluargaan sebagai legitimasi serta jejaring dalam kaitan berbagai informasi dan penyebaran gagasan.
Kekuatan Jejaring Kiai sebagai Agama dan Elit Sosiopolitik
Dari kedua proses di atas terbentuk hierarki pesantren berdasar besaran pengaruh dan jejaring yang luas. Umumnya pesantren sentral adalah pesantren yang memiliki kiai cemerlang, baik dalam sisi keilmuan maupun menempatkan diri dalam ruang sosial.
Hal ini memberikan pengaruh berupa luasnya persebaran asal daerah santri dan terkoneksinya dengan pesantren sentral lain dapat terkokohkan dengan hubungan kekeluargaan dalam perkawinan.
Modal yang kembangkan kiai dengan jejaring serta umatnya tersebut berguna untuk mengatur pranata sosial masyarakat. Hal ini penting guna menciptakan masyarakat yang ideal dalam frame keislaman—cenderung ke Islam tradisional—dan menjaga legitimasi kiai sebagai penguasa lokal.
Propaganda Kemerdekaan
Salah satu contoh konkretnya adalah jejaring kiai sebagai media mengkomunikasikan spirit melawan penjajah yang terbukti memicu pemberontakan di berbagai daerah.
Baca Juga: Toleransi dan Pendidikan Moderat dalam Keluarga Kiai |
Benteng Islam Tradisional
Selain itu, peran kiai juga tampak dalam menjaga Islam tradisional—Islam yang membaur dengan kearifan lokal—dari arus modernisme Islam yang membawa spirit puritanisme. Spirit puritanisme Islam ini bergaung dari kelompok Islam perkotaan yang mula-mula identik dengan Muhammadiyah. Serta menjaga masyarakat Islam dari paparan ideologi komunisme.
Kiai dan Haji
Di tataran kampung, para kiai acap kali bekerja sama dengan para haji yang umumnya merupakan kiai dan tuan tanah.
Benefit Kuasa
Haji memiliki posisi sentral dalam masyarakat karena terdapat kepercayaan bahwa orang yang pulang dari tanah suci merupakan orang yang mulia dengan kedalaman spiritual. Dengan begitu haji berkelindan dengan status sosial dalam masyarakat. Selain itu, haji sebagai tuan tanah juga akan memberi pekerjaan kepada masyarakat sebagai penggarap yang tentu memberikan keuntungan dan legitimasi ekonomi-politik.
Legitimasi Keilmuan
Di samping itu, para kiai memiliki orientasi berupa pengembangan keilmuan berupa kegiatan belajar mendalami Islam saat melaksanakan ibadah haji. Tepatnya lewat mengikuti beberapa forum kajian di kota suci dari ulama Timur Tengah maupun Nusantara yang menetap di sana. Kegiatan ini tentu memberikan legitimasi keilmuan bagi para kiai karena telah merasa belajar Islam dari sumber lahirnya Islam.
Membangun Jejaring
Kesempatan menimba ilmu di tanah suci ini juga bermanfaat untuk menanyakan problem-problem masyarakat dari daerah asal yang kemudian dicarikan solusi dari para imam di sana. Hal ini tentu memberikan pertukaran informasi serta jejaring karena terdapat para kiai dari berbagai daerah yang kumpul di sana.
Dengan begitu wajar jika para kiai yang melaksanakan ibadah haji dapat menghabiskan waktu yang panjang di sana.
Kiai rela melakukan hal tersebut guna meng-update pengetahuan agar sepulang dari tanah suci ia mendapat tambahan wawasan untuk menjawab persoalan-persoalan umat. Kiai juga mendapat wawasan yang berarti dari proses berhaji. Seperti ide untuk melakukan gerakan sosial dan perubahan sosial di daerahnya masing-masing.
Tetapi tentu kiai masih memiliki keterbatasan dalam menyelesaikan problem umat, baik di internal umat maupun pengaruh dari luar. Jejaring antar kiai juga masih bersifat kultural dan jejaring antar pesantren juga belum terkoneksi secara utuh.
Kelahiran NU dan Babak Baru Relasi Kuasa Pemimpin Islam Tradisional
Kejenuhan itu akhirnya menemukan puncaknya hingga kemudian mendirikan Nahdlatul Ulama yang terkenal di masyarakat sebagai NU. Berdirinya NU membawa spirit baru bagi para kiai karena mereka memiliki platform yang melingkupi pergerakan kiai dan mempermudah koordinasi serta konsolidasi antar pesantren agar lebih masif. Sebuah kemajuan yang berarti bagi dunia pesantren.
Alur koordinasi dapat terjadi secara efektif karena terdapat saluran struktural yang menjembatani komunikasi, konsolidasi, dan saluran informasi. Proses yang panjang itu membuat kita sadar bahwa posisi prestisius kiai sebagai agamawan dan elit sosiopolitik tidak tiba-tiba. Namun terdapat proses laten yang terawat dengan baik. Selain peran kiai dalam pembaruan-pembaruan untuk meningkatkan dan memperkukuh kedudukannya.
Walaupun terlihat hari ini kiai tidak bisa mengendalikan secara penuh pranata sosial. Akibat dari globalisasi dan kemajuan teknologi informasi yang memudahkan pertukaran informasi, sehingga masyarakat secara sosial maupun personal mampu berkembang secara mandiri.
Namun kiai sebagai agamawan dan elit sosiopolitik masih punya pengaruh. Setidaknya bagi kalangan masyarakat pesantren. di era ini beberapa kiai juga sudah mulai adaptif dengan perkembangan zaman sehingga memanfaatkan media guna mempertahankan fungsi serta legitimasinya untuk menjadi acuan moral masyarakat.
Wallahualam bisawab.
Sumber Bacaan
Dhofier, Zamakhsyari. 2011. Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, Jakarta: LP3ES.
Dirdjosanjoto, Pradjarta.2013. Memelihara Umat: Kiai Pesantren, Kiai Langgar di Jawa. Yogyakarta: LKiS.
Yanto, Bashri. “Perjuangan Fase Kiai” beritasatu.com diakses pada 23 Mei 2021, jam 10.30.
Editor: Ainu Rizqi
_ _ _ _ _ _ _ _ _
Jangan lupa berikan reaksi dan komentar Anda di kolom komentar di bawah ya! Selain apresiasi kepada penulis, komentar dan reaksi Anda juga menjadi semangat bagi Tim Redaksi 🙂
Silakan bagi (share) ke media sosial Anda, jika Anda setuju artikel ini bermanfaat!
Jika Anda ingin menerbitkan tulisan di Artikula.id, silakan kirim naskah Anda dengan bergabung menjadi anggota di Artikula.id. Baca panduannya di sini!
Untuk mendapatkan info dan artikel terbaru setiap hari Anda bisa juga mengikuti Fanpage Facebook Artikula.id di sini!
One Comment