Cara Merawat Pikiran Positif Untuk Tetap Bahagia (Psikologi)

ketika kita sudah memiliki pikiran yang positif maka kita bisa dengan mudah meraih kebahagiaan dalam kehidupan kita


Berbicara tentang kebahagiaan, orang sering sekali mengukur kebahagiaan dengan sesuatu. Misalnya, kita bahagia ketika berhasil memiliki harta yang berlimpah, prestasi yang menjulang tinggi dan memiliki banyak kenalan orang-orang hebat. Akan tetapi, ketika kita berada dalam keadaan yang sebaliknya, yang muncul bukanlah kebahagiaaan melainkan kekecewaan dan kesedihan. 

Hal itu menunjukan bahwa kita mudah menerima sesuatu yang menyenangkan tetapi sulit menerima ketika dihadapkan dengan situasi yang tidak mengenakan. Padahal yang sebenarnya, rasa bahagia, sedih, dan kecewa itu muncul dari pola pikir kita sendiri.

Lalu, bagaimana cara kita bisa tetap bahagia dalam kondisi yang tidak menyenangkan?

Kita bisa meraih sebuah kebahagiaan dengan selalu berfikir positif. Pola pikir positif akan membantu kita meraih sebuah kehidupan yang lebih terarah dan lebih baik lagi. Dengan berfikir positif kita bisa dengan mudah menerima keadaan dan sudah tentu akan terhindar dari kekecewaan.

Selain itu, berfikir positif akan menjadikan individu lebih optimis menghadapi hidup dan memudahkan individu untuk beraktivitas dengan baik. (Ahmad Rusydi: 2012, 3) Semakin sering berfikir positif, semakin banyak juga hal-hal baik datang dalam kehidupan kita. Karena memang pada dasarnya, pikiran akan mempengaruhi bagaimana cara kita bersikap dalam kehidupan. Jika kita berfikir positif, maka kita juga bisa menciptakan kehidupan positif yang sudah pasti kebahagiaan itu akan tercipta dengan sendirinya.

Berfikir positif sangat mudah dikatakan tetapi sulit diaplikasikan dalam kesehariannya. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti terlalu sering berfikir negatif, kurangnya bersyukur, lingkungan yang buruk, dan kurangnya dorongan atau semangat. Fikiran negatif akan memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan seseorang. Orang yang berfikir negatif biasanya mudah putus asa  yang menyebabkan kesedihan berlarut-larut.

Begitu juga dengan kurangnya bersyukur, tidak memiliki rasa syukur juga akan membuat orang menjadi iri hati dan tidak bisa menerima keadaan yang sedang terjadi. Selain itu, lingkungan yang buruk juga sangat berpengaruh karena terkadang perilaku dan pola pikir kita terbentuk karena lingkungan. Jika kita terlalu sering hidup dilingkungan yang negatif maka besar kemungkinannya pikiran dan perilaku kita juga ikut negatif.  Terlebih lagi jika tidak ada dorongan dan semangat untuk menjadi lebih baik lagi. Maka sudah pasti pikiran positif akan sulit kita dapatkan.

Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak bisa memiliki pikiran positif. Pikiran positif dapat kita raih dengan beberapa cara yaitu:

Pertama, hilangkan sugesti negatif dalam diri.  Selalu ingat bahwa masalah yang kita alami hanya ada dalam persepsi. Jika kita beranggapan masalah itu mudah terselesaikan maka masalah itu pasti akan bisa diselesaikan. Setiap masalah pasti ada solusinya, tergantung bagaimana cara kita menemukan solusi tersebut. Untuk menemukan solusi sudah pasti membutuhkan hati yang tenang dan fikiran yang positif. Oleh karena itu, jangan biarkan pikiran-pikiran negatif  hadir  dalam diri kita.

Kedua, perbanyak rasa syukur. Kita harus senantiasa mengingat bahwa setiap orang memiliki kenikmatannya tersendiri, jangan sampai kita iri dengan kenikmatan orang lain. Kita harus bisa menerima keadaan yang kita alami. Selain itu, kita perlu mengetahui bahwa masih ada orang yang memiliki kehidupan yang lebih buruk dari kita. Jadi, jangan pernah mengeluh apalagi berputus asa.

Ketiga, memiliki dorongan dan semangat. Dorongan dari orang disekitar  serta semangat dari diri sendiri sangat penting karena dengan adanya dorongan dan semangat tersebut maka kita bisa termotivasi untuk menjalani kehidupan yang lebih baik lagi. Jika kita memiliki hal itu, maka kata putus asa maupun rasa takut gagal tidak akan pernah ada dalam pikiran dan hati kita semua.

Keempat, hidup dilingkungan yang baik. Perlu diketahui, bahwa lingkungan sekitar kita sangat mempengaruhi pola pikir dan kehidupan kita. Semakin sering kita berkumpul dengan orang-orang yang negatif, kita juga bisa ikut berpikiran negatif. Sebaliknya, jika kita sering berkumpul dengan lingkungan yang baik, maka pola pikir dan perilaku yang baik juga akan tercipta dalam kehidupan kita.

Dengan demikian, ketika kita sudah memiliki pikiran yang positif maka kita bisa dengan mudah meraih kebahagiaan dalam kehidupan kita. Kita bisa memiliki mental yang kuat yang dengan itu tidak akan ada kata stres atau kecewa dalam kehidupan. Sesulit apapun kehidupan yang kita alami, tetap berfikir positif. Selalu ingat bahwa pikiran yang positif akan menghadirkan hal-hal baik dalam kehidupan kita.

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Cakep Cakep
2
Cakep
Kesal Kesal
0
Kesal
Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Suka Suka
5
Suka
Ngakak Ngakak
1
Ngakak
Wooow Wooow
2
Wooow
Keren Keren
2
Keren
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Risdahan

Saya adalah mahasiswi di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga jurusan Ilmu Hadis

Comments 0

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

TULISAN LAIN DI Ulasan

REKOMENDASI

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals