Menyingkap Rahasia Ratib Al-Attas

Dalam buku ini kita akan mengetahui satu persatu rahasia dan hakikat dari pada makna yang terkandung pada setiap bacaan dzikir dalam ratib


Sumber: ikhwanmuhibbin.blogspot.com

Judul Buku: Menyingkap Rahasia Dzikir & Do’a Dalam Ratib al-Attas

Penyusun: Habib Zaeid bin Husein al-Hamid

Penyunting: Ahmad Abdurrahman Alaydrus

Layout: Duta Grafika Surabaya

ISBN: 978-979-19699-2-5

Jumlah Halaman: 240

Penerbit: Cahaya Ilmu

Tahun Terbit: 2015

Ukuran Buku: 20.5×14.5 cm

Pada dasarnya semua orang Islam itu, mengharapkan kehidupan yang bahagia di dunia maupun di akhirat. Dapat dikatakan bahwa banyaknya harta di dunia menjadi jaminan untuk mendapatkan suatu kebahagiaan yang didamba-dambakan, tapi kebahagian tersebut hanya di dunia saja. Tidak memberikan kebahagiaan di akhirat.

Baca juga: Hadis tentang Motivasi untuk Memiliki Etos Kerja

Islam mengajari kita hidup yang berkeseimbangan, maka dari itu kita sebagai orang Islam harus mendapatkan kebahagiaan diakhirat juga dengan cara mendekatkan diri kepeda Allah dengan membaca Dzikir. Dijelaskan dalam Qs. al-Ahzab ayat 41-42 bahwa Allah Swt memerintahkan kepada para hambanya agar banyak berdzikir kepadanya, baik di waktu pagi maupun petang.

Macam-macam dzikir sangat banyak sekali salah satunya adalah dzikir Ratib al-Attas, yang mana dzikir Ratib al-Attas disusun oleh waliyullah al-arif billah alhabib Umar bin Abdurrahman al-Attas. Beliau lahir di desa lisk yang berdekatan dengan desa Ainat, Hadhramaut, pada akhir abad ke-10, tepatnya pada tahun 992 H.

Kemudian beliau wafat pada 23 Rabiul akhir tahun 1072 H atau 1652 M. Hampir diseluruh penjuru dunia bahkan Indonesia umat muslimin telah mengenal Ratib al-Attas yang mana ratib tersebut sudah semenjak dahulu dibaca dan diamalkan oleh masyakarat baik dikota-kota besar maupun diperkampungan, baik di masjid-masjid, di surau-surau maupun di rumah-rumah.

Setiap bacaan dzikir sebenarnya mengandung makna dan rahasia-rahasia yang sangat besar di dalamnya. Maka dari itu buku yang berjudul Menyingkap Rahasia Dzikir & Do’a Dalam Ratib al-Attas yang diterjemahkan secara ringkas dari syarah Ratib al-Attas yaitu al-Qirthos.

Ratib itu disusun oleh Habib Zaeid bin Husein al-Hamid merupakan sebagian kecil dari penjelasan mengenai rahasia dan makna yang sangat luas yang terkandung di dalam setiap bacaan dzikir dan do’a yang terdapat dalam Ratib al-Attas. dalam buku ini kita akan mengetahui satu persatu rahasia dan hakikat dari pada makna yang terkandung pada setiap bacaan dzikir dalam ratib yang diawali dengan al-fatihah dan seterusnya hingga dzikir yang terakhir.

Buku ini berisi tentang kumpulan dzikir-dzikir yang terdapat didalam bacaan Ratib al-Attas. Dzikir tersebut terdiri dari 17 dzikir yaitu: (1) A’uudzu billaahis-sami’il’aliim (2) A’uu-dzu bikalimaatillaahit-taammaati (3) Bismillaahil-ladzi laa yadhurru (4) Bismillaahir Rahmaanir Rahiim, walaa haula walaa quwwata illaaa billahil aliyyin adzim

(5) Bismillaahir Rahmaanir Rahiim (6) Bismillaahi tahashshonnaa billaahi (7) Bismillaahi, aamannaa billaahi (8) Subhaanallaah Azzallaahu (9) Subhaanallahi wa bihamdihi (10) Subhaanallahi wal hamdulillahi (11) Ya lathii-fam bil khalqihi yaa Alii-mam.(12) Ya lathii-falam yazal ulthuf binaa (13) Laa ilaaha illallaahu (14) Hasbunallaahu wa ni’mal wakiil

(15) Allahumma shalli alaa Muhammad (16) Astaghfirullah, taa-ibun illallaahi (17) Ya Allaahu bihaa, Ya Allaahu bihaa. Dzikir-dzikir tersebut semuanya bersandarkan pada nash-nash Al-Qur’an dan hadis-hadis Nabi saw, dan cerita-cerita menarik yang mengandung hikmah dan pelajaran sehingga tidak akan ada keraguan lagi bagi setiap orang yang akan membaca buku ini, maupun mengamalkan dzikir yang ada di dalam ratib tersebut.

Sebab dengan mengamalkan dzikir ratib al-Attas secara istiqomah seseorang akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar baik dari segi duniawi maupun ukhrawi. Maka dari itu alangkah baiknya di samping kita istiqomah dalam membaca dan mengamalkanya kita juga harus mengetahui rahasia dari pada setiap bacaan dzikir dan Do’a yang ada dalam rarib al-Attas ini, karena dengan mengetahui hakekat dari makna dan rahasia yang terkandung dalam bacaan ratib ini insyaallah kita aka merasa lebih khusyu dan istiqomah dalam membacanya.

Baca juga: Ampuh! Majelis Dzikir Sebagai Media Rekonsiliasi

Dijelaskan dalam buku tersebut bahwa keistimewaan dari ratib al-Attas yaitu dikatakan bahwa suatu daerah akan menjadi aman bila selalau dibacakan ratib tersebut, di samping itu keutamaan lainya yang terdapat diratib ini adalah dapat menghindarkan berbagai suatu musibah atau bencana, kemudian mencegah dari gangguan setan dan sihir, dapat membentengi diri dari berbagai macam kejahatan, dapat memudahkan datangnya reziki dan tentunya masih banyak lagi keutamaan-keutamaan dari membaca dan mengamalkan ratib ini.

Buku ini sangat direkomendasikan karena dijelaskan dan dipaparkan secara gamblang dan jelas. Termasuk dalam menjelaskan makna dan maksud dari masing-masing dzikir tersebut dengan dilengkapi rahasia dan mafaat yang terkandung di dalam bacaan dzikir tersebut. Sehingga pembaca mendapat pengetahuan yang lebih luas tentang isi dari ratib al-Attas. Setelah kita membaca dan mengetahui isi dari rahasia dan makna yang terkandung di dalam bacaan tersebut Insyaallah kita diberi oleh Allah Swt kemudahan dan kekuatan untuk selalu istiqomah dalam mengamalkanya.

Editor: Ahmad Mufarrih
_ _ _ _ _ _ _ _ _
Jangan lupa berikan reaksi dan komentar Anda di kolom komentar di bawah ya! Selain apresiasi kepada penulis, komentar dan reaksi Anda juga menjadi semangat bagi Tim Redaksi 🙂

Silakan bagi (share) ke media sosial Anda, jika Anda setuju artikel ini bermanfaat!

Jika Anda ingin menerbitkan tulisan di Artikula.id, silakan kirim naskah Anda dengan bergabung menjadi anggota di Artikula.id. Baca panduannya di sini! 

Untuk mendapatkan info dan artikel terbaru setiap hari Anda bisa juga mengikuti Fanpage Facebook Artikula.id di sini!

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Cakep Cakep
0
Cakep
Kesal Kesal
0
Kesal
Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Suka Suka
0
Suka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Wooow Wooow
0
Wooow
Keren Keren
0
Keren
Terkejut Terkejut
0
Terkejut

Comments 0

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

TULISAN LAIN DI Resensi

REKOMENDASI

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals