Membumikan Ulumul Qur’an

Al-Qur’an itu ibarat berlian yang mempunyai banyak sisi. Jika dipandang dari setiap sisi, ia akan menampakan keindahan tersendiri di setiap sisinya.


Sumber gambar: dictio.id

Judul Buku : Membumikan Ulumul Qur’an

Penerbit : PT Qaf Media Kreativa, Jakarta 2019

Pengarang : Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad

ISBN : 978-602-5547-40-9

Jumlah Halaman : 330

Harga : Rp. 80.000

Buku ini  hadir untuk merekam jejak-jejak para ulama berinteraksi dengan Al-Qur’an dalam berbagai dimensi. Kebanyakan bersumber dari makalah yang penulis sampaikan di forum-forum ilmiah di berbagai kampus dan lembaga yang konsen untuk mengkaji Al-Qur’an, baik di dalam maupun di luar negeri.

Buat kalian yang sedang mencari buku tentang ulumul qur’an, kalian bisa membaca buku karya Dr. Ahsin Sakho Muhammad ini. Ada banyak bab yang dibahas secara detail dan rinci serta secara gamblang. Sebagian gagasan dalam buku ini terasa bersentuhan dengan kebutuhan para peminat studi Al-Qur’an di Tanah Air. Topik-topik yang diungkapkan bukan lahir dari ruang perpustakaan semata, melainkan forum seminar, FGD, halaqah ilmiah, workshop serta majelis ta’lim yang penuh dialektika.

Ikhtisar Buku

Al-Qur’an itu ibarat berlian yang mempunyai banyak sisi. Jika dipandang dari satu sisi, ia akan menampakan keindahan tersendiri. Di lihat dari sisi lain maka akan nampak keindahan yang lain. Berlian itu sendiri selalu berkelipan sepanjang zaman, untuk itu, agar bisa menangkap keindahan nilai-nilai Al-Qur’an itu, para ulama menawarkan lensa ulumul qur’an.

Terdapat beberapa dimensi dalam ulumul qur’an, sebagai berikut.

Pertama, dipelopor oleh ulama qira’at. Mereka paling bekerja dalam menjaga keutuhan teks dari segi membacanya. Semua cara membaca teks Al-Qur’an telah mereka tulis dengan detail disertai para perowinya.

Kedua, diprakarsai oleh ulama rasm yang sangat berjasa dalam meneliti ciri-ciri khas rasm yang telah dibubuhkan para penulis mushaf masa Usman bin Affan. Telah banyak kitab yang ditulis tentang ilmu Rasm Usmani sejak abad pertama sampai sekarang.

Ketiga, digeluti ulama ahli tafsir yang telah melakukan segala upaya untuk memahami teks-teks Al-Qur’an. Kitab-kitab karya mereka telah bertebaran dalam berbagai metode, corak, dan aliran. Pola Tanya jawab ditiap bab tidak saja memantik rasa ingin tahu kita, tapi juga mendorong kita untuk menjelajah cakrawala Qur’ani yang lebih luas dari apa yang sempat di ulas sekilas.

Kepengarangan 

Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad, M.A, pakar bidang qira’at dan ilmu-ilmu Al-Qur’an. Lahir tanggal 21 Febuari 1956 di Arjawinangun, Cirebon, menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD dan SMP Arjawinangun dasar-dasar ilmu agama beliau pelajari di pesantren milik keluarganya. Pada tahun 1970-1973 belajar di Pesantren Lirboyo Kediri, sambil belajar di SMU, saat libur panjang beliau menimba ilmu di pesantren lain, seperti mengaji tabarruk kepada KH Umar Abdul Manan (Solo) dan mendapat syahadah sanad dari sang guru. Kemudian pada tahun 1973-1976, belajar di Pesantrean Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta. Sempat 2 bulan belajar kepada KH Arwani, Kudus sebelum berangkat ke Makkah.

Tahun 1976-1977, beliau mengaji Al-Qur’an di Masjidil Haram di bawah bimbingan Syekh Abdullah Al-‘Arabi, seorang mesir yang di datangkan oleh jamaah Tahfizh Al-Qur’an. Sorenya beliau menuntut ilmu di Markaz Ta’lim al-Lughah al-‘arabiyyah. KH Ahsin juga kuliah di Fakultas Kulliyatul Qur’an wa Dirasah Islamiyah dari Al-jami’ah Al-islamiyah Madinah pada tahun 1977, hingga meraih gelar doctor dengan yudisium Mumtaz Syaraful ‘Ula (summa cumlaude) pada tahun 1989. Kemudian mendirikan Institut Islam Darul Rahman bersama KH Syukron Makmun pada tahun 1992. Mengajar di Perguruan Tinggi Ilmu Alqur’an (PTIQ) dan di IAIN/UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Dan pada tahun 2005-2014 Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad, M.A menjadi Rektor Institut Ilmu Al qur’an (IIQ), Jakarta.

Baca juga: Sejarah dan Pemetaan Model Penelitian dalam Studi Al-Qur’an dan Literatur Tafsir (Ilmu Tafsir)

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Kelebihan dari buku ini adalah lebih sering menjelaskan dalam bentuk point-point, bahkan untuk beberapa pembahasan menggunakan tabel sehingga lebih terkesan mudah untuk dipahami, terlebih lagi disertai dengan pembahasan-pembahasan yang berkaitan dengan muslim di Indonesia. Kekurangannya adalah terdapat ketidak konsistenan kutipan referensi, pada beberapa rujukan yang mencantumkan beberapa referensi dalam bentuk bodynote, akan tetapi dalam kutipan lain dicantumkan dalam bentuk footnote, dan juga sebagian yang lain tidak mencantumkan sumber referensi.

Kesimpulan

Pada materi ilmu qiro’at memberikan penjelasan dan pembahasan dalam 4 bab, yakni seputar ilmu qiro’at, Imam Syatibi, Qira’at Ashim riwayat hafsh, dan masa depan Qira’at di Indonesia. Selanjutnya pada materi Rasm Utsmani beliau merincikannya 3 bab, yakni menuliskan Al qur’an, Ilmu Rasm Utsmani dan Mushaf standar Indonesia. Lebih rinci pembahasannya kaidah rasm Utsmani dan karya rasm Utsmani dari tokoh-tokoh pada abad tertentu.

Editor: Ahmad Mufarrih
_ _ _ _ _ _ _ _ _
Catatan: Tulisan ini murni opini penulis, redaksi tidak bertanggung jawab terhadap konten dan gagasan. Saran dan kritik silakan hubungi [email protected]

Jangan lupa berikan reaksi dan komentar Anda di kolom komentar di bawah ya! Selain apresiasi kepada penulis, komentar dan reaksi Anda juga menjadi semangat bagi Tim Redaksi 🙂

Silakan bagi (share) ke media sosial Anda, jika Anda setuju artikel ini bermanfaat!

Jika Anda ingin menerbitkan tulisan di Artikula.id, silakan kirim naskah Anda dengan bergabung menjadi anggota di Artikula.id. Baca panduannya di sini! 

Untuk mendapatkan info dan artikel terbaru setiap hari Anda bisa juga mengikuti Fanpage Facebook Artikula.id di sini!

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Cakep Cakep
0
Cakep
Kesal Kesal
0
Kesal
Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Suka Suka
0
Suka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Wooow Wooow
0
Wooow
Keren Keren
0
Keren
Terkejut Terkejut
0
Terkejut

Comments 0

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

TULISAN LAIN DI Resensi

REKOMENDASI

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals