Peran Seorang Ayah dan Seorang Ibu dalam Keluarga

"Sesungguhnya shalat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar"


Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala kelurga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat dibawah suatu atap yang saling ketergantungan.Keluarga terdiri atas seorang ayah, ibu dan anak.

Ayah sebagai kepala keluarga adalah sebagai pencari nafkah, pelindung dan pemberi rasa nyaman terhadap keluarganya.

Sedangkan seorang Ibu adalah sebagai orang yang mengurusi rumah tangga, sebagai pendidik bagi anak-anaknya, karena telah disebutkan bahwa “Ibu adalah Madrasah pertama bagi anaknya” namun walaupun demikian, tugas mendidik anak ini bukan hanya tanggung jawab seorang ibu saja karena seorang ayah juga dituntut berperan aktif sebagai pendidik bagi anaknya dan sekaligus sebagai kepala keluarga.

Sedangkan tugas anak adalah menghormati dan senantiasa menyayangi orangtuanya dan senantiasa meringankan dan membantu tugas orangtua.

Anak adalah titipan dan anugerah dari Allah, sebagai buah hati dalam keluarga. Anak adalah amanah Allah kepada orangtua, untuk itu seorang ayah dan ibu harus mendidik anak-anaknya dengan pendidikan yang di ridhoi oleh Allah SWT.

Sejak lahir pendidikan harus sudah ditanamkan ke dalam jiwa seorang anak agar di masa remaja dan dewasanya anak sudah terbiasa karena kebiasaan yang sudah tertanam sejak kecil akan sulit dirubah di masa tuanya. Oleh karena itu, seorang ayah dan ibu diwajibkan mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam dan sudah menanamkan nilai-nilai kebaikan dan ibadah sejak dini.

Mendidik anak memang bukan tugas yang mudah dilaksanakan, akan tetapi mendidik anak adalah tugas yang mulai dan ganjarannya adalah pahala bagi orangtua tatkala mendidik anaknya. Mendidik anak bias menjadi ladang pahala bagi orangtua apalagi dibarengi rasa ikhlas dan dengan niat beribadah kepada Allah SWT.

Anak, dengan seribu tingkah lakunya memang menjadi tantangan besar kepada seorang ayah dan ibu dalam mendidiknya, sampai akhir hayat tugas orangtua dalam mendidik anaknya tidak akan pernah putus walau anaknya sudah dewasa tugas itu akan tetap ada dan harus dijalankan.

Salah satu yang penting dalam mendidik anak adalah mendidik dan mengajari anak beribadah kepada Allah SWT salah satunya adalah Shalat.

Shalat adalah kewajiban bagi setiap muslim, bahkan ada hadis Nabi yang artinya “Shalat adalah tiang agama, barangsiapa yang mendirikan shalat maka ia telah mendirikan agama, dan barangsiapa yang meninggalkan shalat berartia ia telah merobohkan agama”.

Pentingnya shalat ini juga dijelaskan dalam riwayat lain yang maksudnya pembeda antara seorang muslim dengan kafir (nonmuslim) adalah shalat, barang siapa yang meninggalkan shalat sama halnya ia dengan kafir.

Dengan tertanamnya nilai-nilai shalat terhadap diri seorang anak, in syaa Allah seorang anak akan jauh dari berbagai kemaksiatan karena pengamalan terhadap nilai-nilai shalat, karena telah dijelaskan oleh Allah dalam Al-Qur’an yang artinya
“Sesungguhnya Shalat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar.”

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
9
Sedih
Cakep Cakep
7
Cakep
Kesal Kesal
4
Kesal
Tidak Suka Tidak Suka
6
Tidak Suka
Suka Suka
24
Suka
Ngakak Ngakak
5
Ngakak
Wooow Wooow
5
Wooow
Keren Keren
5
Keren
Terkejut Terkejut
5
Terkejut
Denan Amin Syukur Btr
Denan Amin Syukur Btr. Mahasiswa S1 UIN SUSKA RIAU, prodi Pendidikan Agama Islam. Asal daerah Mandailing Natal Sumatera Utara.

Comments 2

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

TULISAN LAIN DI Ulasan

REKOMENDASI

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals