Wisuda Sarjana Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta

"..sepantasnyalah mereka terus mengembangkan diri dan mengabdi tiada henti hingga akhir hayat nanti.."


Wisuda Sarjana adalah salah satu tradisi Perguruan Tinggi secara internasional. Wisuda merupakan momen pelantikan dan pengukuhan seseorang sebagai sarjana, setelah menyelesaikan tugas studi, baik pada jenjang Diploma, Strata Satu, Dua (magister), maupun Tiga (doktor).

Wisuda merupakan momentum istimewa bagi mereka yang telah menyelesaikan studi dengan saksama. Wisuda adalah kesempatan untuk muhasabah, introspeksi, dan mawas diri, sekaligus saat yang tepat untuk menancapkan cita-cita dan membulatkan tekad guna meraih pendidikan lebih tinggi dan berkarya meraih prestasi.

Selaku wisudawan dan wisudawan UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, mereka berikrar setia di hadapan Senat Universitas,  Rektor, para Dekan, dan orangtua/wali mereka:

1. Bertakwa kepada Allah swt, berbudi luhur, dan berakhlak mulia.
2. Berbakti kepada rakyat Indonesia, setia dan taat kepada Agama, Nusa, dan Bangsa, mengutamakan kepentingan Negara dan Tanah Air di atas kepentingan daerah, aliran, dan golongan, serta menjunjung tinggi perikemanusiaan.
3. Mendukung dan membela Negara Kesatuan Republik Indonesia, turut bertanggung jawab terhadap terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur, materiil dan spiritual.
4. Selalu belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan untuk kemajuan agama, kebudayaan bangsa, dan peradaban umat manusia.
5. Memelihara hubungan kekeluargaan dan menjunjung tinggi nama baik Almamater.

Para wisudawan-wisudawan niscaya senantiasa memegang teguh dan mengejawantahkan ikrar setianya kapan saja dan di mana saja mereka berada sepanjang hayat.

Para wisudawan-wisudawati akan senantiasa menyenandungkan hymne UIN SUNAN KALIJAGA,

UIN SUNAN KALIJAGA
Islam azas tujuanmu.
Membangun citra keagungan bangsa berdasar Pancasila.
Integrasikan interkoneksikan Agama dan ilmu semesta.
Kembangkan daya patriot nusa Tanah Air minta baktimu.
Jayalah Negara jayalah Bangsa UIN berkarya nyata.
Jayalah Negara jayalah Bangsa UIN berkarya nyata.
Amin.

Betapa bangga, gembira, bahagia, dan syukur para wali wisudawan-wisudawan yang telah berhasil mengantarkan putra putri mereka menjadi sarjana. Tidak semua orang tua beruntung dan berkesempatan mengantarkan putra putri mereka ke pintu gerbang Perguruan Tinggi, lebih lebih hingga menuntaskan studi mereka di sana.

Tak kurang kegembiraan dan kesyukuran para Dosen yang telah ikut memberikan andil pada prestasi yang diraih para sarjana.

Sebagai tanda terima kasih para wisudawan-wisudawati kepada orangtua, almamater, para Dosen, dan kolega sepantasnyalah mereka terus mengembangkan diri dan mengabdi tiada henti hingga akhir hayat nanti.

Padamu Negri kami berjanji,
Padamu Negri kami berbakti,
Padamu Negri kami mengabdi,
Bagimu Negri jiwa raga kami.

Yogyakarta, 3 Mei 2018

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Cakep Cakep
2
Cakep
Kesal Kesal
0
Kesal
Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Suka Suka
5
Suka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Wooow Wooow
1
Wooow
Keren Keren
3
Keren
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Muhammad Chirzin
Prof. Dr. H. Muhammad Chirzin, M.Ag. adalah guru besar Tafsir Al-Qur'an UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Anggota Tim Revisi Terjemah al-Qur'an (Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur'an) Badan Litbang Kementrian Agama RI.

Comments 0

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

TULISAN LAIN DI Ulasan

REKOMENDASI

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals