Kiat-Kiat Untuk Mewujudkan Impian

Ketika memutuskan untuk memulai, maka jangan memutuskan untuk mundur, majulah hadapi dengan berani


Bagaimana Cara Menjadi Orang Sukses
Ilustrasi: solusisupersukses.com

Semenjak  virus corona menyerang, dunia seakan-akan berubah, hidup terasa abnormal, yang dulunya bekerja dilakukan dari luar rumah, sekarang dipaksa bekerja dari dalam rumah. Tak luput dari serangan covid-19, sekolah dan universitas pun turut melaksanakan proses pembelajaran dari rumah secara online. Bagi saya, terasa sangat sulit melakukan adaptasi di masa seperti ini, jelas karena belum terbiasa melakukannya dari rumah dan sehari-hari telah akrab melakukan aktivitas dari luar rumah.

Salah satu agenda yang saya jadwal saat social distancing adalah menyelesaikan tugas kuliah dan membaca beberapa buku.

Saat usai membaca beberapa buku, saya berpikir bahwa apa yang berselang-seling saya baca di buku referensi itu layaknya menyusun puzzle, antara satu buku dengan buku yang lain saling berhubungan dan saling berkaitan.

Niat Yang Kuat

Buku pertama yang saya baca adalah The Power Of Intention, di sana menjelaskan bagaimana sebuah kekuatan niat mempengaruhi kehidupan seseorang. Apabila niat itu baik, maka baik pula yang dihasilkannya, demikian pula sebaliknya.

Karena, “Ketika kita meniatkan terhadap sesuatu dan menanamnya di alam bawah sadar kita, secara otomatis akan mengalir sugesti dan energi positif yang luar biasa yang bisa mengantarkan kita pada sesuatu yang diniatkan. Baik itu niat baik atau buruk, secara sadar maupun tidak sadar, sistem pikiran kita akan tertuju ke sana. Ketika kita berniat dan mencurahkannya pada alam semesta, secara otomatis alam akan merespon dan mengiringi sugesti kita pada apa yang kita niatkan. Pikiran alam bawah sadar punya mekanisme sendiri untuk mewujudkannya. (semesta mendukung)”.

Baca juga: Kekuatan Sebuah Niat

Ya, benar saja apa yang disampaikan dalam buku itu. Saya pun coba mencerna apa yang dinyatakan buku itu dengan aplikasinya dalam kehidupan saya. Dalam perjalanan hidup, bahwa apa yang saya capai, merupakan hasil dari sebuah niat yang terpatri sejak lama.

Sebagaimana yang sering saya ceritakan kepada teman saya, bahwa apa yang saya dapatkan hari ini, yaitu belajar di salah satu universitas di pulau Jawa, merupakan impianku sejak lama, lebih kurang lima tahun lalu.

Saya teringat betul ketika menuliskan beberapa impianku. Saya sangat takjub ketika salah satu tulisan itu benar-benar terwujud. Meskipun impian-impian itu sederhana,  namun bagi saya tercapainya impian itu sungguh luar biasa.

Usaha dan Istikamah

Namun ada juga beberapa impianku yang belum tercapai—saya lebih suka mengatakanya dengan kata “belum” daripada kata “tidak”. Setelah saya membaca buku Quantum Istiqomah (buku kedua yang saya baca setelah The Power Of Intention), saya memang belum layak untuk mencapai apa yang saya impikan tersebut.

Kenapa saya mengatakan demikian? Karena setiap yang diharapkan itu akan tercapai apabila usaha kita senilai dengan apa yang kita inginkan. Jika yang kita cita-citakan besar, maka usahanya pun harus besar.

Tentunya kita harus tetap berusaha hingga yang kita cita-citakan tercapai, itulah yang dimaksud dengan istikamah. Perjuangan harus sampai pada akhir tujuan, tidak dapat dikatakan istikamah ketika perjuangan itu terhenti di tengah perjalanan.

Istikamah suatu yang terdengar sangat sederhana, namun sebenarnya tidak sesederhana mengucapkannya. Ada hati yang senantiasa harus dijaga agar tetap baik dan selalu dalam keadaan baik, maka ketika hati sudah berbalik atau dalam keadaan buruk bisa jadi usaha yang dilakukan terhenti seketika.

Selain perasaan, ada juga pikiran yang tak kalah pentingnya. Seringkali pikiran mempengaruhi perasaan, sehingga manusia bertindak tanpa mempertimbangkan perasaan, karena pada hakikatnya cucu adam cenderung mengandalkan logika semata.

Baca juga: Hakikat Manusia

Dari dua buku di atas, saya menyimpulkan bahwa niat tidak cukup hanya niat saja, untuk mewujudkannya perlu usaha yang maksimal dan tentunya usaha tersebut tidak hanya sekali, namun perlu berkali kali dan terus menerus hingga apa yang diinginkan, diharapkan, dicita-citakan tercapai.

Mungkin usaha itu tak semudah mengetik deretan tulisan ini, tapi satu hal yang perlu diingat,ketika memutuskan untuk memulai, maka jangan memutuskan untuk mundur, majulah hadapi dengan berani

Mungkin ada suatu kondisi yang membuat diri kita merasa bosan, jenuh, merasa berat untuk menjalaninya. Kita boleh istirahat, tapi jangan lupa ada tujuan yang harus dituju dan dicapai.

Besar usahamu maka besar pula hasilnya. Dalam Al-Qur’an banyak sekali ayat yang membahas tentang  imbalan bagi orang yang bekerja, salah satunya dalam QS. Al-Zalzalah ayat 7—8, yang artinya: Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya Dia akan membalasnya, dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan sebesar zarah pun, niscaya Dia akan melihat balasannya pula.

Pepatah mengatakan: bersakit-sakit ke hulu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu bersenang senang kemudian. Jadi tidak apa, jika hari ini kamu merasa sangat berat dan merasa terbebani, pada akhirnya dirimu akan menemukan hasilnya.

Sayyidina Ali Bin Abi Thalib mengatakan: yakinlah ada sesuatu yang menantimu setelah setelah banyak jalan yang kau jalani yang akan membuat dirimu terpana hingga kau lupa pedihnya rasa sakit. Untuk itu teruslah terbang, berlari, berjalan, bahkan merangkak. Dan yang yang terpenting adalah bergerak hingga tak pernah berhenti sampai di tempat  peristirahatan yang sesungguhnya, sampai tidak pernah bergerak sama sekali.

Berdoa Kepada Maha Kuasa

Terakhir adalah doa. Jangan berhenti untuk selalu berdoa, memohon kepada yang Maha Kuasa untuk segala tujuan agar Dia rida, dan jikalau tidak tercapai InsyaAllah tidak akan mengecewakan. Niat yang kuat, usaha, istikamah, dan doa merupakan satu kesatuan untuk mewujudkan impian yang besar. [AS]

_ _ _ _ _ _ _ _ _
Bagaimana pendapat Anda tentang artikel ini? Jangan lupa berikan reaksi dan komentar Anda di kolom komentar di bawah ya! 

Anda juga bisa mengirimkan naskah Anda tentang topik ini dengan bergabung menjadi anggota di Artikula.id. Baca panduannya di sini! 

Untuk mendapatkan info dan artikel terbaru setiap hari Anda bias juga mengikuti Fanpage Facebook Artikula.id di sini!

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Cakep Cakep
1
Cakep
Kesal Kesal
0
Kesal
Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Suka Suka
1
Suka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Wooow Wooow
0
Wooow
Keren Keren
1
Keren
Terkejut Terkejut
0
Terkejut

Comments 0

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

TULISAN LAIN DI Ulasan

REKOMENDASI

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals