Selamat Jalan Pak Habibie

"Tanpa cinta kecerdasan itu berbahaya dan tanpa cinta kecerdasan itu tidak cukup".


“Bapak sudah tidak ada pada pukul 18.05 WIB.” Kabar duka itu disampaikan Thareq Kemal, usai mendapatkan informasi dari Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, bahwa ayahnya, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia. Presiden ketiga RI itu mengembuskan nafas terakhir pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB di usia 83 tahun.

Gangguan klep jantung disebut-sebut menjadi penyebab tokoh yang dijuluki Bapak Teknologi ini tutup usia. Kepergian beliau menyisakan duka yang mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia.

Gagasan dan pemikiran Pak Habibie yang visioner dan maju terutama di bidang teknologi merupakan warisan yang manfaatnya tak lekang oleh zaman. Sebut saja misalnya, Satelit Pendeteksi Karhutla, Kapal Baruna Jaya, dan Pesawat Gatot Koco N250.

Meski tak cukup lama menjabat sebagai presiden, namun gebrakan beliau bagi bangsa ini telah mampu mengangkat harkat martabat Indonesia di mata dunia. Gebrakan beliau paling kontroversial, memberikan kedaulatan bagi Timor Timor. Tak pelak kritik miring dan menohok diarahkan ke beliau saat itu.
Namun, dari kejadian tersebut, mestinya bangsa ini bisa banyak belajar, terutama menyiasati problem disintegrasi yang terjadi saat ini. Bahwa memberi kedaulatan tidaklah serta-merta mencoreng wibawa suatu bangsa.

Pak BJ, terimakasih. Gelora asamu akan selalu mengilhami banyak manusia, semoga. “Tanpa cinta kecerdasan itu berbahaya dan tanpa cinta kecerdasan itu tidak cukup”.

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
1
Sedih
Cakep Cakep
0
Cakep
Kesal Kesal
0
Kesal
Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Suka Suka
5
Suka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Wooow Wooow
1
Wooow
Keren Keren
1
Keren
Terkejut Terkejut
1
Terkejut
Redaksi

Legend

Akun resmi tim redaksi Artikula.id

Comments 0

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

TULISAN LAIN DI Nasional

REKOMENDASI

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals