Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Investasi Obligasi

3 min


0
Sumber gambar: https://www.vecteezy.com/photo/4402310-asian-businessman-standing-next-to-window-looking-at-cell-phone

Salah satu pilihan investasi yang cukup direkomendasikan adalah jenis obligasi. Seperti diketahui, obligasi sendiri merupakan surat utang yang diterbitkan oleh sebuah otoritas dalam jangka waktu tertentu. Jadi investasi obligasi, bisa digunakan untuk investasi jangka panjang maupun jangka pendek tergantung pada perjanjian obligasi.

Pada obligasi terdapat tingkat suku bunga yang berbeda dan bisa disesuaikan dengan tujuan investasi. Investasi obligasi sendiri, terbagi menjadi tiga jenis yaitu obligasi pemerintah, obligasi korporasi dan obligasi pemerintah daerah. Obligasi pemerintah adalah surat utang yang diterbitkan oleh negara sedangkan obligasi korporasi biasanya diterbitkan oleh korporasi swasta maupun BUMN.

Cara Kerja Investasi Obligasi 

Setelah mengetahui apa itu obligasi, tentu saja Anda wajib memahami pula bagaimana cara kerja dari jenis investasi ini. Cara kerja obligasi diawali baik pemerintah maupun perusahaan yang membutuhkan dana. Lalu pemerintah mengeluarkan obligasi ritel yang terdiri dari obligasi syariah dan konvensional, sedangkan untuk perusahaan mengeluarkan obligasi korporasi.

Setelah itu obligasi akan ditawarkan kepada publik dalam kurun waktu tertentu. Anda jika berminat untuk investasi ke obligasi maka wajib perhatikan tanggal penawaran, karena tentu ada batasannya. Misalnya saja lama masa penawaran adalah 1 bulan dan juga bisa lebih panjang.

Anda sebagai investor bisa membeli obligasi lewat distribusi resmi yang ditunjuk oleh penerbit obligasi. Setelah masa penawaran selesai, pihak penerbit akan mulai membayarkan kupon secara berkala.

Setiap penerbit obligasi memiliki kebijakan sendiri-sendiri dalam pembayaran kupon. Mulai dari pengembalian dalam kurun waktu 1 bulan sekali, tiga bulan sekali bahkan ada yang 6 bulan sekali.

Di akhir jangka waktu investasi, atau waktu jatuh tempo, Anda akan menerima kembali nilai pokok investasi dari penerbit.

Kelebihan Serta Kekurangan Investasi Obligasi

Investasi dengan obligasi tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Anda tentu wajib memahami apa saja kelebihan dan juga kekurangan dalam instrumen jenis obligasi. Untuk bisa mengerti, bahwa investasi tidak hanya akan mendapatkan keuntungan tapi juga ada kekurangan atau resiko yang harus dihadapi.

Kelebihan

  • Jenis investasi yang relatif aman,  investasi dengan obligasi menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang lebih terjamin. Terutama jika Anda memilih investasi obligasi yang diterbitkan oleh negara.
  • Keuntungan berupa kupon, keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika investasi lewat obligasi adalah berupa kupon atau bunga yang memiliki nilai relatif tinggi dan dibayarkan secara berkala. Dengan memilih waktu obligasi lebih panjang maka nilai kupon akan semakin tinggi pula. Dari sini Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup optimal.
  • Pendapatan terjamin, banyak yang menganggap bahwa investasi dengan obligasi adalah salah satu pilihan investasi untuk dana pensiun. Karena pendapatan keuntungan dari obligasi, bisa sampai bertahun-tahun berikutnya. Maka dari itu tidak heran para pensiunan mengandalkan obligasi agar pendapatannya bisa terjamin hingga hari tua.
  • Potensi keuntungan dari selisih harga, dengan obligasi maka keuntungan yang Anda dapatkan berasal dari selisih harga jual dan harga beli saat Anda memperdagangkan obligasi. Apalagi bunga yang didapat juga relatif lebih besar sehingga hasil keuntungan obligasi jauh lebih tinggi.

Kekurangan

  • Dicairkan dalam waktu tertentu, dalam beberapa obligasi memiliki kebijakan tersendiri yaitu Anda tidak bisa melakukan penjualan kembali. Sementara beberapa jenis obligasi tidak bisa dicairkan sebelum waktu jatuh tempo. Jadi jenis investasi ini kurang disarankan sebagai dana darurat Anda.
  • Risiko tingkat bunga, jenis obligasi juga memiliki risiko tingkat bunga. Sehingga nilai suku bunga sangat mempengaruhi nilai obligasi pula. Bahkan ketika Anda menjual obligasi sebelum waktu jatuh tempo bisa mengalami kerugian.
  • Risiko gagal bayar, selain risiko tingkat bunga Anda juga akan menghadapi yang namanya resiko gagal bayar. Dimana risiko ini, akan Anda temukan jika peminjam tidak mampu membayar bunga dan pokok utang.

Investasi Obligasi Pemerintah Melalui DBS Treasures

Sumber gambar: https://www.vecteezy.com/photo/7138736-asian-businesswoman-relax-and-enjoy-playing-mobile-phone-at-office

Setelah mengetahui apa itu obligasi, cara kerja, dan kelebihan serta kekurangannya maka Anda wajib memilih mitra investasi yang tepat. Anda bisa memilih DBS Treasures untuk investasi obligasi pemerintah. Berikut beberapa keunggulan DBS Treasures sebagai perbankan prioritas yang bisa mendukung perjalanan investasi Anda.

  • Investasi relatif aman, tentu saja aman karena investasi diterbitkan oleh pemerintah dan dijamin oleh Undang-undang.
  • Berbagai opsi investasi, DBS Treasures menawarkan investasi obligasi dengan ragam pilihan jangka waktu sesuai preferensi. Untuk pilihan mata uangnya tersedia dengan 3 opsi yaitu IDR, USD dan EUR.
  • Tersedia kupon reguler, keuntungan yang didapatkan berupa pendapatan reguler dari kupon atau bunga. Bunga ini akan dibayarkan secara berkala, selama periode investasi oleh penerbit obligasi.
  • Potensi capital gain, investasi obligasi bersama DBS Treasures memungkinkan adanya potensi capital gain. Dimana beberapa jenis obligasi bisa dijual kapan saja sebelum jatuh tempo dan Anda akan mendapatkan potensi keuntungan dari kenaikan harga obligasi.
  • Kupon kompetitif, kupon bersifat kompetitif bahkan relatif lebih besar dari bunga rata-rata deposito berjangka.
  • Tidak dikenakan biaya tambahan, tidak perlu khawatir soal biaya tambahan karena Anda hanya akan dikenakan selisih antara harga jual dan harga beli obligasi. Jadi bisa terbilang sangat efisien dan menguntungkan dari sisi investor.
  • Transaksi aman dan nyaman 24/7, artinya bahwa transaksi Anda bisa dilakukan lewat aplikasi secara online dengan Aplikasi digibank by DBS. Tersedia pula ragam produk obligasi yang bisa diperjualbelikan lewat aplikasi tersebut.

Apakah Anda tertarik untuk melakukan investasi jenis obligasi? Jika iya, maka pastikan Anda memilih perbankan prioritas yang tepat dan juga aman yaitu DBS Treasures dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Sehingga Anda dapat yakin investasi obligasi untuk meraih aspirasi.


Like it? Share with your friends!

0
Redaksi

Akun resmi tim redaksi Artikula.id

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals