Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking


Ilustrasi.

Internet banking dan mobile banking sudah tidak asing lagi bagi kita, terlepas dari itu apa saja sih perbedaan dari Bank BRI Indonesia Internet Banking dan mobile banking.

Mobile banking adalah salah satu layanan yang ditawarkan bank kepada nasabahnya untuk memudahkan transaksi. Seperti namanya, layanan ini dapat diakses dengan mudah melalui handphone kamu. Beberapa transaksi yang dapat kamu lakukan melalui mobile banking di antaranya cek saldo, mutasi rekening, transfer, pembayaran, hingga pembelian. Bahkan, Bank BRI menyediakan layanan tarik tunai menggunakan mobile banking. Melalui layanan ini, kamu hanya perlu menggunakan kode yang disediakan melalui mobile banking untuk menarik uang tunai melalui ATM.

Dilansir dari Jaringan Prima, terdapat Lima manfaat menggunakan mobile banking yaitu dapat menghemat waktu untuk melakukan transaksi langsung dari handpone, melakukan transaksi lebih praktis karena hanya menggunakan aplikasi, dapat memamntau saldo rekening dan transaksi setiap saat, mobile banking  biasanya tidak dikenakan administrasi apapun dari bank, untuk menggunakan fitur dari mobile banking nasabah akan diminta untuk menggnakan kode verifikasi, PIN ataupun sistem keamanan lain yang telah distandarisasi oleh bank.

Untuk dapat menggunakan mobile banking, nasabah hanya perlu men-download aplikasi mobile banking yang disediakan oleh bank tempat menjadi nasabah. Setelah itu nasabah hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan aplikasi tersebut. Untuk melakukan aktivasi, nasabah biasanya hanya membutuhkan nomor kartu debit saja serta jaringan internet yang memadai. Setelah aktivasi, nasabah bisa menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh layanan mobile banking. Pada setiap transaksi, nasabah akan mendapatkan notifikasi yang bisa dilihat langsung melalui aplikasi.

Internet banking adalah kegiatan yang melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Berbeda dengan mobile banking yang harus menggunakan aplikasi, internet banking dapat diakses langsung melalui browser. Untuk menggunakan fitur dari internet banking ini, kamu membutuhkan user idpassword, token atau one time password (OTP) terlebih dahulu. Untuk mendapatkan user idpassword, dan token, kamu bisa mendatangi bank terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran. Setelah itu, kamu bisa menggunakan internet banking dengan leluasa.

Seperti mobile banking, internet banking juga memiliki fitur yang hampir sama, yakni informasi umum rekening tabungan/giro, rekening deposito, informasi mutasi rekening, transfer dana, hingga fitur pembayaran tagihan dan pembelian pulsa, token listrik dsb. Fitur lainnya yang disediakan layanan internet banking adalah notifikasi email untuk setiap transaksi. Beberapa bank bahkan memberikan layanan rekapitulasi transaksi setiap bulan yang langsung dikirimkan melalui email. Hal itu membuatmu tidak perlu repot-repot ke bank hanya untuk melakukan pengecekan saldo.

Perbedaan mobile banking dan internet banking terletak pada akses dan cara penggunaanya. Mobile banking hanya dapat diakses melalui aplikasi yang telah disediakan oleh bank. Sementara itu, internet banking dapat diakses langsung melalui browser. Terlepas dari itu, baik mobile banking maupun internet banking memiliki fitur yang hampir sama. Oleh karena itu, nasabah bisa memilih menggunakan layanan apa yang sesuai dengan kebutuhan. (Adv)

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Cakep Cakep
0
Cakep
Kesal Kesal
0
Kesal
Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Suka Suka
0
Suka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Wooow Wooow
0
Wooow
Keren Keren
0
Keren
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Redaksi

Legend

Akun resmi tim redaksi Artikula.id

Comments 0

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

TULISAN LAIN DI Advertorial

REKOMENDASI

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals