Beli Mobil Bekas Berkualitas? Lakukan 9 Hal Wajib Ini!


Harga Xpander Bekas 2021

Beli mobil bekas bisa menjadi alternatif bagi Anda yang mengimpikan untuk memiliki kendaraan roda empat meskipun hanya punya bujet terbatas. Harga mobil bekas cenderung jauh murah karena itulah banyak menjadi pilihan banyak orang. Setidaknya, menurut Edmunds, ada 40 juta mobil bekas berpindah tangan setiap tahunnya.

Data tersebut menunjukkan bahwa membeli mobil bekas sudah menjadi trend tersendiri bagi masyarakat kita. Namun di sisi lain, hal ini tentu juga menjadi alarm agar Anda bisa cermat ketika ingin membeli mobil bekas. Tentu Anda sudah sering mendengar stereotipe bahwa mobil bekas itu mudah rusak dan bakal menguras dalam isi kantong Anda untuk perawatannya.

Anggapan tersebut tentu sifatnya subjektif, belum tentu benar dan bisa juga salah. Jika tidak, mana mungkin penjualan mobil bekas bisa terus naik. Bahkan di tengah pandemi sekarang, survey menunjukkan bahwa permintaan mobil bekas meningkat dari era sebelum pandemi.

Dari fakta tersebut kita bisa mengatakan bahwa membeli bekas itu pada dasarnya tetap punya dua kemungkinan. Jika Anda kurang berhati-hati, bukannya hemat justru bisa membuat Anda rugi. Namun, jika Anda cermat, Anda tentu bisa memiliki mobil bekas berkualitas bahkan dengan fitur lebih lengkap dari mobil baru.

Karena itulah kami memberikan beberap tips membeli mobil bekas agar Anda tidak merasa rugi di kemudian hari, sebagai berikut:

1. Buat Daftar Perbandingan

Hal pertama agar Anda bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan tidak membuat Anda merasa rugi di masa mendatang adalah dengan membuat daftar perbandingan. Dalam hal ini Anda mungkin saja memerlukan waktu lebih untuk membandingkan dari sisi kualitas, harga, dan lainnya.

Tapi itu perlu Anda lakukan. Jangan sampai karena terburu-buru malah membuat rugi akibat kondisi mobil bekas yang Anda beli tidak bagus. Oleh karena itu, sangat perlu melakukan perbandingan semua pilihan yang ada.

Untungnya, saat ini sudah banyak tersedia jasa dan situs online jual beli mobil bekas yang terpercaya. Sebut saja misalnya di Seva.id yang memiliki berbagai fitur yang memudahkan proses pembelian mobil bekas impian Anda.

2. Perhatikan Rasionalisasi Harga

Ada harga ada barang, begitu hukum ekonominya. Membeli mobil bekas dengan harga yang miring tentulah menggiurkan, akan tetapi Anda juga jangan sampai terjebak dengan harga yang tidak masuk akal.

Ketika ada sebuah mobil harganya terlalu murah dari pasaran, bisa jadi mobil tersebut bekas kecelakaan berat atau bahkan bekas kebanjiran. Bahkan ada juga pemberian harga miring ini hanya sebagai trik agar Anda datang ke showroom untuk menawarkan mobil yang lainnya.

Sebagai contoh, Anda tidak mungkin, setidaknya untuk saat ini, mendapatkan harga Xpander bekas di bawah harga 100 juta. Mustahil! Kecuali Xpander bekas-tergilas tronton… xD

Jika Anda mengincar mobil ini, Anda tentu sudah tahu bahwa Xpander ini merupakan mobil keluarga terlengkap di kelasnya. Mulai dari desain eksterior dengan perpaduan MPV-SUV yang membuatnya menawan dan futuristik hingga interior super mewah dengan ragam fitur canggih.

Hal lain yang membuat mobil ini jadi idaman keluarga karena adanya ruang kabin yang lapang. Apalagi jika mengingat Xpander memiliki suspensi kokoh dan ground clearance yang cukup tinggi juga performa tangguh dan dilengkapi fitur andal.

Jadi tentu masuk akal jika harga mobil ini masih ada di kisaran 200an juta. Namun untungnya, jika memiliki bujet sedikit lebih, dengan harga Xpander, Anda bisa menghemat puluhan juta dari harga baru!

Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dengan harga murah. Misalnya, Anda bisa membeli mobil Avanza di bawah 200 juta atau harga mobil Ayla bekas bahkan di bawah 100 juta.

Selain harganya terjangkau, mobil Ayla juga menjadi pilihan karena memiliki kabin yang nyaman dengan fitur hiburan yang mumpuni. Mobil Ayla juga sangat cocok sebagai pilihan bagi keluarga kecil, mengingat bahan bakarnya yang super irit juga perawatan yang mudah.

3. Pastikan Kelengkapan Dokumen Mobil Bekas

Jika Anda sudah menemukan incaran mobil bekas yang ingin dibeli, maka yang perlu Anda pastikan terlebih dahulu adalah kelengkapan dokumen. Pastikan mobil incaran Anda memiliki kelengkapan surat-surat yang baik dan benar, cek nomor rangka, dan nomor mesin.

Kemudian periksa kecocokan nomor rangka dan nomor mesin tersebut sesuai dengan yang tertera dalam STNK dan BPKB.

4. Perhatikan Bodi Mobil Bekas

Setelah menemukan mobil bekas incaran dan memastikan kelengkapan dokumennya, hal selanjutnya harus dilakukan adalah memeriksa keutuhan dan keaslian bodi mobil. Sebelum membeli Anda harus teliti mengecek beberapa bagian utama mobil seperti panel pintu, kap mesin, kaca mobil, dan juga cat mobil.

Jika mobil memiliki bodi asli, struktur rangka utama dan cat mobil tidak akan ada perubahan yang berarti, sedangkan jika pernah mengalami perombakan maka akan ada perubahan warna cat dan beberapa bagian yang tidak sama.

Tidak kalah penting, Anda juga harus memastikan bahwa chasis mobil bekas tersebut masih dalam keadaan yang baik, dan tidak berkarat.

5. Inspeksi Interior dan Aksesoris Mobil Bekas

Setelah bodi, inspeksi interior dan aksesoris merupakan hal yang wajib sebelum memantapkan hati untuk membeli mobil bekas incaran. Beberpa interior mobil yang bisa Anda periksa antara lain mulai dari dashboard, kulit jok, karpet alas kaki, audi, hingga lampu kabin.

Selain itu, cek juga kondisi AC masih baik, juga fitur keselamatan seperti sabuk pengaman, rem tangan, hingga lampu hazard. Pastikan semua interior tersebut masih berfungsi dengan baik.

Dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada segmen interior dan aksesoris, Anda bisa mengetahui apakah mobil tersebut bekas banjir atau tidak. Biasanya mobil bekas banjir memiliki bekas kotoran-kotoran yang mengendap dan berkerak pada bagian yang sulit terjangkau.

6. Periksa Kondisi Mesin Mobil Bekas

Setelah melakukan inspeksi pada bodi dan interior, yang wajib Anda lakukan selanjutnya adalah memeriksa kondisi mesin mobil bekas. Setidaknya ada tiga hal yang perlu Anda periksa.

Pertama, buka kap mesin mobil kemudian nyalakan mobil. Perhatikan dengan seksama semua komponen mobil dan suara mesin, jika ada komponen yang bergetar tidak semestinya, maka akan menimbulkan “suara lain” saat mobil menyala. Kedua, inspeksi secara menyeluruh, apakah ada kebocoran oli pada blok mesin atau komponen lainnya.

Terakhir, mintalah kepada penjual untuk test drive. Saat test drive ini perhatikan dengan baik, mulai dari laju kendaraan, tarikan gas, kondisi rem, transmisi, hingga per mobil. Dengan begitu Anda bisa menilai kelayakan mobil bekas tersebut untuk Anda miliki atau tidak.

7. Cek Service Record Mobil Bekas

Cara lain untuk memastikan kondisi mobil bekas incaran Anda masih prima adalah dengan mengecek service record. Kondisi fisik mobil tentu bisa Anda lihat dengan kasat mata. Namun untuk memastikan kondisi mobil benar-benar masih prima Anda perlu mengecek service record, yakni riwayat servis mobil. Mobil yang memiliki jadwal rutin untuk servis tentu akan memiliki kondisi yang baik dan layak jalan.

Selain itu Anda juga harus memastikan juga apakah mobil bekas yang menjadi incaran Anda melakukan servis rutin di bengkel resmi atau bukan. Hal ini berguna untuk memastikan keaslian odometer mobil, yakni untuk mengetahui berapa jumlah kilometer yang sudah ditempuh oleh mobil tersebut.

8. Sewa Jasa Mekanik Ahli

Untuk memberikan keyakinan yang lebih besar Anda juga bisa menggunakan jasa mekanik ahli ataupun membawa teman yang paham tentang mesin. Dengan begitu, maka Anda bisa memastikan berbagai kelebihan dan kekurangan dari mobil bekas incaran dari kacamata yang lebih objektif.

Hal ini bahkan menjadi wajib Anda lakukan jika tidak memiliki pengetahuan mumpuni seputar mesin mobil bekas tersebut. Dengan ini, Anda akan terbantu agar terhindar dari penipuan yang membuat Anda merasa rugi di kemudian hari.

9.  Teliti dan Cermat

Membeli mobil meskipun bekas tetap saja membutuhkan sejumlah pengeluaran yang relatif mahal bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu, sebelum melakukan transaksi, Anda harus betul-betul cermat.

Gunakan tips memilih mobil bekas berkualitas di atas, teliti  dalam memeriksa kondisi mobil dan kelengkapan surat. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan terhindar dari kerugian karena membeli mobil bekas bermasalah.

Sebaliknya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa dengan memiliki mobil berkualitas dengan harga terjangkau. Demikianlah beberapa tips beli mobil bekas yang semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda. (Adv)

Redaksi

Akun resmi tim redaksi Artikula.id

Comments 0

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

TULISAN LAIN DI Berita

REKOMENDASI

pornjk, pornsam, xpornplease, joyporn, pornpk, foxporn, porncuze, porn110, porn120, oiporn, pornthx, blueporn, roxporn, silverporn, porn700, porn10, porn40, porn900