Video Mengekspresikan Cinta Secara Syar’i

Term menikah muda tampak mencuat akhir-akhir ini, banyak dijumpai beberapa channel youtube yang membuat video singkat


Term menikah muda tampak mencuat akhir-akhir ini, banyak dijumpai beberapa channel youtube yang membuat video singkat tentang kehidupan percintaan seorang anak muda yang kemudian memilih untuk berkhitbah dan selanjutnya melangkah ke jenjang pernikahan sebagai ekspresi cintanya, ketimbang dengan pacaran.

Cerita yang dibangun dalam video singkat tersebut, juga mengiring opini penonton bahwa menikah adalah solusi yang terbaik sebagai cara mengekspresikan cinta yang dibenarkan oleh Agama.

Sebenarnya pesan moral yang coba ditransfer oleh pembuat video singkat tersebut memiliki nilai yang cukup positif. Yaitu ingin agar pasangan yang telah siap untuk melangkah ke jenjang pernikahan agar segera menikah serta anjuran untuk menahan diri untuk tidak mengekspresikan cinta dengan cara-cara yang dilarang oleh Agama.

Namun sayangnya pesan moral yang ditransfer tersebut tidak dapat ditangkap secara utuh oleh penontonnya. Hal ini mungkin merupakan imbas dari alur cerita yang sangat menarik, sehingga membuat baper para penontonnya.

Kegagalan dalam menangkap pesan moral dalam video tersebut menjadikan banyak pasangan yang kemudian memutuskan untuk memilih mengakhiri hubungan pacaran mereka dan kemudian memilih untuk menikah di usia muda.

Padahal idealnya seorang yang ingin memutuskan untuk melangkah ke jenjang pernikahan haruskan mempertimbangkan beberapa aspek. Seperti kesiapan secara mental dari kedua pasangan, sumber finansial yang cukup, pengetahuan yang berhubungan dengan keluarga dan lain sebagainya.

Sehingga keputusan untuk menikah tidak justru akan menjadi blunder dan memiliki dampak negatif bagi masa depan pasangan tersebut. seperti perceraian karena kurangnya persiapan serta pertimbangan yang matang dalam memulai membangun rumah tangga.

Anjuran menikah muda yang ditawarkan lewat video singkat di channel youtube adalah tepat dan tidak ada salahnya bagi yang telah siap untuk memulai membangun rumah tangga.

Menikah di usia muda juga memiliki beberapa keuntungan. semisal kondisi fisik yang masih prima sehingga potensi untuk cepat memiliki keturunan. Selain itu, dengan menikah muda.

Pasangan suami istri punya banyak waktu untuk menyiapkan kebutuhan di masa tua baik untuk dirinya dan anak-anak serta jenjang umur yang tidak terlampau jauh antara anak dan orang tua juga membantu terciptanya komunikasi yang seimbang dalam keluarga.

Di samping dampak positif yang telah diuraikan di atas. Memilih untuk menikah muda juga memiliki dampak negatif. Seperti contoh masih tingginya ego baik dari suami dan istri untuk ingin mengekspresikan kesenangan masing-masing di mana hasrat mudanya masih ingin melakukan kesenangan masing-masing dan kurang memedulikan pasangan. Sehingga menimbulkan keluarga yang kurang harmonis.

Dari sedikit uraian di atas, dapat memberikan gambaran bahwa pesan moral yang sampaikan dalam video singkat tersebut memiliki dua opsi yakni melanjutkan ke jenjang pernikahan ketika telah siap atau memilih untuk tidak pacaran bagi yang belum siap sebagai upaya menjaga diri. Pesan ini sebetulnya memiliki keselarasan dengan dalil yang tertuang dalam Qur’an surat Al-isra’ ayat 32.

وَلَا تَقۡرَبُواْٱلزِّنَىٰٓۖ إِنَّهُۥكَانَ فَٰحِشَةٗ وَسَآءَ سَبِيلٗا

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”

Namun terkadang banyak penonton yang hanya terpaku dengan solusi menikah muda dan mengabaikan solusi untuk memilih menjaga diri dengan tidak pacaran. memang pesan moral yang disampaikan dalam video mengilustrasikan sisi positif dan kebahagiaan pasangan muda.

Namun kembali lagi kepada kesiapan masing-masing individu karena dengan mengambil keputuskan untuk menikah, seseorang harus mempertimbangkan secara matang beberapa aspek seperti yang telah diuraikan di atas.

Di samping itu, menikah juga bukan perkara yang gampang di mana menikah tidak hanya perkara ijab kabul serta prosesi resepsi. Namun pernikahan adalah kehidupan yang dibangun dan dijalani seusai prosesi formal ijab kabul di laksanakan.

Pernikahan juga berbicara tentang manajemen perbedaan antara dua individu yang diikat di dalamnya untuk dapat berjalan secara bersamaan. serta waktu yang dijalani dalam pernikahan juga tidak satu, dua tahun. Setiap pasangan mesti memiliki cita-cita untuk dapat terus membina ikatan pernikahan sampai maut yang memisahkan.

Wallahualam bisawab.

 

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Cakep Cakep
0
Cakep
Kesal Kesal
0
Kesal
Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Suka Suka
1
Suka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Wooow Wooow
0
Wooow
Keren Keren
0
Keren
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Ahmad Mufarrih El Mubarok
Ahmad Mufarrih El Mubarok merupakan Kordinator Departemen Jaringan Sekolah dan Pondok Pesantren Pimpinan Anak Cabang IPNU Panceng Gresik.

Comments 0

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

TULISAN LAIN DI Ulasan

REKOMENDASI

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals